Kamis, 19 Januari 2012

Membuat Objek Kaleng



-         Pertama buka file blend (kaleng):
·        file > open
·        cari file blend-nya
·        open blender file



-         Jika sudah tampil, klik kanan objeknya lalu tekan tab untuk mengubahnya menjadi Edit Mode.
-         Setelah menjadi edit mode, pada bagian , klik Face yaitu bagian yg paling kiri.


-         Tekan Shift + Alt + klik kanan untuk menandai bagian yg akan di-replace dengan gambar. Tandai bagian kaleng tersebut hanya bagian badan kalengnya saja.


-         Jika sudah ditandai, tekan P > selection untuk memisahkan antara bagian yg akan di-replace dengan gambar dan yg tidak.


-         Tekan tab untuk menjadi Object Mode lalu klik kanan bagian badan kalengnya, lalu tekan tab lagi untuk kembal menjadi Edit Mode.




-         Tekan Ctrl + Tab > Edge agar penandaan bagian objek dilakukan berdasarkan rusuk objek (edge).
 

-         Tekan A untuk menandai semua bagian rusuk objek.


-         Tekan shift + alt lalu tandai bagian kerangka dari badan kaleng tersebut. Sehingga hanya lingkar atas bawah (berbentuk tabung) yg ditandai.

 

-         Tekan Ctrl + E > mark seam > A, untuk menandainya lagi (dengan garis merah).


-         Pada bagian jendela sebelah kanan atas, Ubah dari Default menjadi UV Editing.


-         Klik pada bagian  sebelah kanan bawah, lalu klik OK
 


-         Setelah itu, pada bagian menu UV’s, klik Unwarp dan bagian menu Image klik Open Image.
-         Lalu pilih dimana file gambar yg akan dijadikan cover kaleng tersimpan.
-         File gambar yg dimaksud adalah file gambar biasa yg berekstensi *.jpg. Sehingga semua gambar bisa digunakan.


-         jika gambar sudah dipilih maka selanjutnya adalah menyeseuaikan ukuran gambar agar pas menutupi bagian badan kaleng.
-         Tekan A agar semua bagian jaring-jaring kotak ditandai.
-         Lalu tekan S + (x / y / z) untuk menyesuaikan ukuran dan tekan untuk menyesuaikan posisinya.
-         Pastikan seluruh permukaan jaring menutupi seluruh bagian gambar.


-         Jika sudah, maka selanjutnya kembali dari tampilan UV Editing menjadi tampilan Defaultnya.

       
 -         lalu pada bagian Mode, pilih Texture Paint.
-         Maka gambar yg tadi dimaksud menjadi cover kaleng tersebut.


Membuat objek menjadi bergerak.

-         Pada bagian bagian bawah jendela (dibawah Timeline) klik tombol merah berbentuk titik.


-         selanjutnya adalah mengatur perpindahan posisi, tekan G untuk memindahkan posisi objek.
-         Setiap perubahan posisi terhadap objek, atur timeline-nya agar ketika timeline-nya dijalankan, objek pun dapat bergerak.
-         Atur pula durasi awal (Start-point) dan durasi akhir (End-point) agar menyesuaikan gerak objeknya.


-         Namun untuk menghasilkan gerak gambar yg halus, ubah posisi objeknya sedikit demi sedikit.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar